Pages

ASIAN GAMES KAN DIADAIN DI JAKARTA DAN PALEMBANG, KENAPA KITA IKUT SIBUK ?




Asian Games merupakan event olahraga 4 tahunan terbesar se-asia, dan pada Asian Games ke-18 ini Indonesia diberi tanggungjawab besar untuk mentuan rumahi event luarbiasa ini. Ini merupakan suatu kebanggaan tak ternilai bagi Indonesia dan kita pun sebagai masyarakatkan turut bangga akan prestasi Indonesia ini dan rasa bangga tersebut harus kita wujudkan dalam aksi nyata menjaga acara Asian Games 2018 ini berjalan dengan lancar dan nama baik Indonesia dapat harum secara Internasional.
“Tapi kan Asian Games cuman di Jakarta dan Palembang doang, lah kita bisa apa?”
Memang dalam event ini masyarakat Jakarta dan Palembang punya tanggung jawab besar sebagai lokasi utama Asian Games 2018, namun yang menjadi sorotan dunia pada event ini bukan hanya Jakarta dan Palembang saja tapi satu Negara Kesatuan Republik Indonesia akan merasakan kebahagian dan euforianya.
Bukan rahasia lagi bahwa event Asian Games 2018 ini pastilah akan menarik perhatian turis mancanegara dengan jumlah massa yang besar. Perkiraan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memproyeksikan sekitar 150.000 penonton asing atau wisatawan mancanegara (wisman) akan datang menyaksiakan Asian Games 2018, Sementara 30.000 diantaranya akan membeli paket bundling wisata. Dari data tersebut terlihat jelas angka yang tidak main-main dan tentu akan memberikan dampak signifikan dalam industri pariwisata di Indonesia.
Tidak mungkin 150.000 atau lebih turis tersebut hanya mengunjungi titik perlombaan Asian Games 2018 saja, tentu label besar negara Indonesia sebagai negara yang kaya akan keindahan alam dan lokasi wisatanya yang memanjakan akan menarik mereka untuk menelusuri daerah-daerah lain di Indonesia.Disini sudah terlihat bagimana euforia Asian Games merambah keseluruh belahan Nusantara dan memberikan dampak bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Dalam usaha kita untuk memberikan dukungan pada Asian Games 2018 tidak hanya dengan cara datang langsung ke Palembang atau Jakarta, namun dari daerah kita masing-masing pun kita bisa memberikan dampak signifikan bagi keberhasilan Asian Games 2018. Bagaimana caranya ? Berikut Nilo jabarkan satu persatu :

1. Mempromosikan dan Menyemarakkan Asian Games 2018
Sumber : Detak-palembang.com

Pihak penyelenggara dan pemerintah sendiri sudah melakukan yang terbaik dalam mempromosikan event ini, dapat kita lihat dari bagaimana event ini sudah dipromosikan sejak 1 tahun sebelum event dimulai dan dapat kita lihat juga bentuk-bentuk promosi Asian Games ini menyentuh daerah-daerah di Indonesia dengan cepat dan kreatif-kreatif. Tidak hanya melalui media cetak seperti baleho, koran atau majalah saja, event ini juga dipromosikan dengan mengandalkan teknologi dan cepatnya sosial media dalam menyebarkan informasi. Selain itu bentuk kerjasama dengan publik figur atau lembaga-lembaga juga gencar dilakukan dalam mempromosikan event ini yang buah kerjasamanya dapat berupa lomba-lomba atau kegiatan lainnya yang menarik perhatian masyarakat.
Memang promosi yang dilakukan untuk event ini tidak main-main dan menggelotrkan dana yang cukup besar. Seperti yang disampaikan oleh Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC), “Nilainya kalau dari Rp 6,6 triliun ya 2,5 persenlah dari promosi,” kata Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) Erick Thohir seusai menghadiri  rapat koordinasi di kantor Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Jakarta, Senin 30 April 2018. Itu artinya Rp 165 Miliar sudah dikeluarkan untuk membantu mempromosikan Asian Games 2018. Dengan dana sebesar itu dan bentuk promosi yang sudah luarbiasa munkin kamu akan bertanya lagi.

“Lalu untuk apa kita promosiin Asian Games 2018 lagi ? Duit kita aja enggak nyampe 165 Miliar..”

Kita tidak bisa menyangkal  bahwa masih banyak daerah di Indonesia yang tertinggal jauh dari segi pengetahuan, teknologi dan finansial dibanding kamu yang lagi baca artikel ini. Mungkin tetap akan ada celah yang tidak tersentuh promosi ini tapi kamu bisa hadir untuk memberikan informasi ini atau mungkin cuma kamu didaerahmu yang tahu tentang Asian Games 2018.
Kerjasama dengan pemuka daerah setempat juga penting dalam mempromosikan dan menyemarakkan Asian Games di daerahmu. Dengan begitu dapat terwujud kegitan-kegiatan seru dalam memperingati Asian Games 2018 di daerahmu sendiri yang pastinya seru dan menyenangkan

2. Mendukung Atlet yang Berlaga
Sumber : Tribunnews.com

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memperkirakan kekuatan kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 mencapai 800 atlet. Dan sebagai rakyat Indonesia kita harus mendukung sepenuhnya talenta-talenta luarbiasa Indonesia ini lebih dari sebelumnya mengingat kesempatan atlet Indonesia berlaga di ajang Asian Games di negara sendiri entah kapan lagi dapat kita nikmati. Sebagai atlet tuan rumah, tentu atlet-atlet kita mendapatkan banyak keuntungan karena akan berlaga di antara pendukung-pendukungnya yang pastinya akan selalu lebih ramai daripada pendukung negara lainnya namun dibalik itu beban moral dan mental yang mereka emban lebih besar, tentu tidak ada alasan untuk kalah bagi mereka dan tentu mereka tidak ingin mengecewakan para pendukung Indonesia.
Jadi sebagai pendukung yang baik hendaknya kita mendukung mereka sekuat tenaga dimana pun kita berada dalam bentuk apapun serta jauhkan komentar-komentar negatif yang dapat menjatuhkan mental para atlet kita.
Dukunglah mereka sepenuhnya dari awal hingga akhir, bagikan kebahagiaan mereka jikalau mereka menang dan tetap dukung dan beri mereka semangat dikala mereka terpuruk.
Bagi kamu yang mendukung atlet kesayanganmu secara langsung, dukung mereka sekuat tenaga namun tetap menghargai pendukung dari negara lainnya, tetap tunjukkan ciri khas negara Indonesia yang cinta akan sporifitas olahraga dan tetap ramah pada siapa saja.

3. Menjaga Adab dan Etika sebagai Tuan Rumah
Sumber : Ajienurlatif.blogspot.com

Asian Games 2018 ini dapat dikatakan sebagai Asian Games terbesar dalam sejarah, sebab selain pertama kali di adakan di dua kota sekaligus, sekitar 11.000 atlet telah mendaftar. “Jumlah 11.000 itu 20 persen lebih besar dari Incheon,” ungkap Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Eris Heryanto di Jakarta, Rabu 11 Juli 2017. Jumlah Atlet terbanyak sebelumnya tercatat di Asian Games Guangzou 2010, Cina yang diikuti 9.704 peserta.
Erick Thohir mengatakan peningkatan peserta Asian Games dibanding perkiraan INASGOC berarti adanya kepercayaan besar dari 45 kontingen Asian Games terhadap Indonesia sebagai tuan rumah.
Kepercayaan negara-negara Asia ini terhadap Negara Indonesia tentu tidak boleh kita biarkan dirusak oleh sebagian lapisan atau perorang masyarakat. Sebagai tuan rumah yang kedatangan tamu dari jauh hendaknya kita menyambutnya dengan hangat dan memberikannya kenyamanan selama berada di Indonesia.
Faktanya memang Indonesia telah dikenal secara Internasional sebagai negara yang sangat ramah terhadap turis, jadi hendaknya label ini kita pertahankan dan jangan dibiarkan tergores sedikitpun

4. Menjaga Ketertiban dan Kebersihan Lingkungan Sekitar
Sumber : Tirto.id

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Turis dari mancanegara tidak hanya datang ke Jakarta dan Palembang selaku kota utama penyelenggaraan Asian Games 2018 namun seluruh bagian nusantara akan kedatangan tamu dari jauh.
Kalau bicara soal kekayaan dan keindahan alam Indonesia memang telah dikenal sebagai surganya, namun mengenai rasa keperduliaan kita akan kebersihan lingkungan memang harus kita pupuk agar menjadi kebiasaan dan jati diri yang baik untuk masyarakat Indonesia.
                
            Jadi intinya tidak ada alasan bagimu dimana pun kamu berada untuk tidak mendukung Asian Games 2018 ini agar dapat berjalan sukses dan berjalan lancar. Percayalah, sekecil apapun kontribusimu bagi kesuksesan Asian Games 2018 sangat di butuhkan dan apapun yang akan terjadi dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 ini akan memberikan dampak bagi Indonesia dalam berbagi bidang, dan pastinya akan berdampak ke kamu juga.
             Sekali lagi, mari kita dukung bersama Asian Games 2018 agar berjalan dengan sukses demi negara Indonesia tercinta.


#dukungbersama
#asiangames2018


Unknown

Jangan lupa, Comment pendapat kamu tentang postingan ini dan Share postingan ini ke temen-temen kamu yang mungkin tengah dalam kesepian yang mendalam...

1 komentar:




  1. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus