Pages

SEHAT MAKSIMAL !!! bukan sembarang dirasa sehat


Halo para Friever sekalian...
Kali ini kita bakalan bahas hal yang berbeda dari biasanya, namun hal ini sangat dekat dan harus senantiasa kita miliki dalam menjalani kehidupan sehari-hari.. apalagi kalau bukan Kesehatan.

Betapa berharganya kesehatan kadang hanya dapat kita rasakan ketika kita tidak memilikinya dan ketika masih dalam keadaan segar bugar, tubuh kita seakan-akan "fanatik" untuk mencoba segala kenikmatan-kenikmatan yang ada dunia. 

Ya.. itu memang sifat dasar manusia yang suka mencoba hal baru dan ketagihan akan hal yang enak walaupun kita tau hal tersebut lebih banyak memberikan efek negatif kepada tubuh kita secara langsung atau berkepanjangan..

*kenapa bahasanya agak ambigu..

Aspek kunci tanggap akan kesehatan dan acara menjaga kesehatan yang akan Nilo sampaikan akan Nilo bagi jadi 2 Dunia...
Yaitu :

1. Dunia kesehatan secara fisik dan nutrisi yang dibutuhkan.


 "Dis-moi ce que tu manges, je te dirai ce que tu es." Katakan apa yang kau makan, dan aku akan mengatakan padamu apakah kamu, 

begitu orang Perancis menggambarkan kebiasaan makan seseorang.

Walaupun pernyataan itu berasal dari Perancis bukan berarti pernyataan tersebut hanya berlaku untuk orang Perancis.
Orang Indonesia pun di tentukan oleh apa yang ia konsumsi. Sebab makanan yang masuk kedalam sisten pencernaan akan mempengaruhi secara kesehatan bahkan secara perilaku tanpa disadari.


Kita semua tahu akan "4 Sehat 5 Sempurna"  yang menjadi rumus utama kita dalam mengatur asupan gizi Kita sehari hari agar seimbang setiap saatnya.


Namun disamping itu perlu diperhatikan kecocokan makanan yang kita konsumsi dengan keadaan tubuh kita saat ini. Tidak semua sayuran sehat dalam takaran dan waktu konsumsi yang bebas dan tidak semua buah-buah sehat dalam kondisi dan jumlah tertentu untuk dikonsumsi.


Artinya, Kita harus benar-benar memahami keadaan tubuh kita yang sebenarnya dengan cara rajin melakukan check up ke dokter atau sarana kesehatan lainnya selagi masih mudah pergi menemui ahli kesehatan bukan menunggu saat sakit datang.


Disamping itu, tubuh juga senantiasa dilatih dengan cara olahraga teratur, tidak perlu berat-berat dan terlalu sering. Cukup berjalan kaki di hari minggu saat pergi belanja pun sudah cukup. Hal itu saja sudah cukup untuk menggerakkan sendi-sendi dan otot serta ada keringat yang dapat kita keluarkan dari kegiatan tersebut.


Disamping keringat yang dikeluarkan tentu ada yang dimasukkan. Dalam hal inilah minimal kita dapat meminum air putih 8 gelas setiap harinya. Ini tentu sangat mempengaruhi keseharingan kita mengingat 70 % tubuh kita adalah air bukan ??


2. Dunia kesehatan secara mental dan kejiwaan.

Sehat bukan hanya soal fisik yang dapat dilihat dan diperhitungkan secara langsung saja namun kesehatan secara mental dan jiwa adalah aspek dalam kesehatan yang perlu diperhatikan secara lebih dan mendalam.

Jika sakit secara fisik dapat kita sadari sendiri atau kita ketahui dari hasil check up ke sarana kesehatan yang tersedia. Namun sakit secara mental dan kejiwaan ini tidak mudah untuk menyadarinya dan kasang dirasa tidak memberikan efek apa-apa pada yang terjangkit.
Sakit dalam bidang ini sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi kesehatan secara fisik juga.

Membuka diri, bersosialisasi dengan sekitar, menciptakan suasana yang hangat dalam keluarga adalah beberapa obat yang manjur.
Tapi cobalah satu hal lagi. Yaitu berdiskusi dengan dirimu sendiri, bertanya pada dirimu sendiri tentang apa yang kamu mau dan butuhkan. Dengan begitu kamu dapat menghilangkan kestresaan yang ada didalam dirimu sebab kamu akan tau dimana batasanmu dan kelebihanmu.

Cukup singkat artikel Nilo kali ini tentang kesehatan. Jadi apakah para Friever sekalian merasa sehat secara fisik dan mental ? Sebelum kalian jawab "Jelas dong" dengan nada sombong dan angkuh coba deh check up dulu ke pada para ahli dibidangnya. Jangan tunggu sakit dulu baru kerumah sakit atau gila dulu baru di psikiater.


Salam Sehat dari Nilo Nova

Unknown

Jangan lupa, Comment pendapat kamu tentang postingan ini dan Share postingan ini ke temen-temen kamu yang mungkin tengah dalam kesepian yang mendalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar